- Advertisement -spot_img
BerandaNewsTingkatkan Kemampuan, Satlantas Polres Ngawi Gelar Pelatihan TPTKP dan PPGD

Tingkatkan Kemampuan, Satlantas Polres Ngawi Gelar Pelatihan TPTKP dan PPGD

- Advertisement -spot_img

NGAWI, Dua orang pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan saat mengendarai sepeda motor dari arah berlawanan, tak lama kemudian unit Laka lantas Polres Ngawi segera meluncur ke lokasi kejadian setelah mendapat informasi dari serang warga yang kebetulan melintas di lokasi.

Kejadian tersebut merupakan bagian dari simulasi pelatihan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian (TPTKP) dan Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) yang digelar oleh unit Penegakan Hukum (Gakkum) Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Ngawi, Rabu (26/1/2022).

Dalam pelatihan TPTKP dan PPGD tersebut tim pelatihan dari Satlantas dan Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Ngawi memberikan edukasi kepada seluruh anggota Satlantas Polres Ngawi, Babinkamtibmas Polsek dan Bhabinsa Koramil di jalur rawan terjadi Laka Lantas.

Ditemui di lokasi pelatihan, Kasat Lantas Polres Ngawi AKP Zainul Imam Syafi’i didampingi Kanit Gakkum Ipda Sulanjar beserta Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Lalulintas Ipda Parsidi menyebutkan, kegiatan simulasi penanganan korban lakalantas itu dilakukan guna untuk meningkatkan kemampuan koordinasi dan sinergitas Polantas dengan petugas medis dan satyan samping dalam menangani kecelakaan lalulintas di wilayah Kabupaten Ngawi.

“Dengan adanya simulasi ini, kita dan tim urkes Polres Ngawi serta satuan samping untuk saling koordinasi dan sigap dalam menangani korban di TKP khususnya laka lantas dalam memberikan pertolongan pertama agar tidak terjadi patalitas terhadap korban serta timbulnya laka lantas baru sebelum dibawa ke rumah sakit terdekat,” ujar AKP Zainul Imam Syafi’i. Rabu (26/1/2022).

Dengan dilaksanakannya pelatihan TPTKP dan PPGD tersebut, Kasat Lantas berharap dapat meningkatkan kemampuan anggota dalam penanganan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) laka lantas.

Dalam kesempatan tersebut AKP Zainul Imam Syafi’i untuk menekan kejadian laka lantas atas peran serta masyarakat, Kepala desa, bhabinkamtibmas, Babinsa yang membantu unit laka dalam menangani kejadian kecelakaan lalulintas.

Selain itu, AKP Zainul Imam Syafi’i menyebutkan pelatihan tersebut juga untuk mencegah terjadinya fatalitas korban kecelakaan lalulintas serta mencegah penyebaran Virus Covid-19 dengan penyampaian himbauan Protokol Kesehatan.

Zainul Imam Syafi’i juga tidak lupa menghimbau kepada masyarakat agar selalu melengkapi administrasi kendaraannya dan jangan lupa juga menggunakan alat keamanan serta tetap hati-hati pada saat berkendaraan.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini