- Advertisement -spot_img
BerandaNewsHari Jadi Sidoarjo, Dewan Penasehat Gerindra Jatim Ziarah Makam Bupati Pertama

Hari Jadi Sidoarjo, Dewan Penasehat Gerindra Jatim Ziarah Makam Bupati Pertama

- Advertisement -spot_img

SIDOARJO : News 7

Peringati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 163, Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Ir. Bambang Haryo Soekartono bersama jajaran DPC Partai Gerindra Sidoarjo serta puluhan anak Yatim Piatu berziarah ke makam Bupati Pertama Sidoarjo RTP Tjokronegoro I, di pemakaman Asri Hing Pendhem, belakang Masjid Agung Sidoarjo.

Dalam ziarah dan doa bersama itu, pria yang akrab disapa BHS ini berharap Kabupaten Sidoarjo bisa semakin maju dan sejahtera masyarakatnya di usianya yang ke-163

“Semoga di usia 163 tahun Kabupaten Sidoarjo semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera. Kabupaten Sidoarjo sebagai Kabupaten Penyangga Kota Metropolitan Sidoarjo serta berada di antara 3 kabupaten yakni Pasuruan, Mojokerto dan Gresik harus pesat perkembangan pembangunanya,” kata BHS kepada TIMES Indonesia, Jumat (4/2/2022).

Lebih jauh, Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra ini senjaga meluangkan waktu untuk berziarah ke makam Bupati Sidoarjo yang pertama lantaran banyak jasa yang diberikannya dalam mempimpin Kabupaten Sidoarjo saat itu hingga sekarang Sidoarjo menjadi Kabupaten yang maju.

“Kami berziarah sekaligus untuk mendoakan almarhum (Bupati Pertama), Dan yang terpenting mengenang jasa beliau selama memimpin Kabupaten Sidoarjo era tahun 1859-1863.  Jangan sampai generasi muda Sidoarjo lupa akan sejarah terkait Kabupatennya,” ungkap alumni ITS Surabaya ini.

BHS menambahkan jika RTP Tjokronegoro I selama memimpin Kabupaten Sidoarjo saat itu memiliki jasa yang besar bagi perkembangan dan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo.

“Dalam sejarahnya, saat beliau menjabat dulu, almarhum mampu membawa Sidoarjo menjadi kabupaten yang sejahtera dan gemah limpah loh jinawi. Saya berharap dengan potensi Sidoarjo yang sangat besar ini bisa dilanjutkan oleh generasi muda dalam membangun segala bidang di Sidoarjo,” imbuhnya.

Dalam kegiatan Ziarah tesebut, DPC Gerindra Sidoarjo sempat  mendapat keluhan penjaga makam Bupati Pertama Sidoarjo RTP Tjokronegoro I terkait upah yang tak layak.

“Tadi Pak Suyono penjaga makam yang sudah bekerja disini selama 20 tahun mengaku jika sudah 5 bulan ini gajinya dipotong dari yang awalnya Rp.350 ribu menjadi Rp. 200 perbulannya. Katanya pemotongan tersebut akibat pandemi Covid 19. Bayangkan dengan uang Rp. 200 ribu perbulan apa cukup untuk mencukupi hidup sehari hari,” ujar Sekretaris DPC Partai Gerindra Sidoarjo, Jayadi

Dalam waktu dekat imbuh Jayadi, pihaknya akan memanggil Anggota DPRD Sidoarjo dari fraksi Gerindra untuk membahas keluhan daribpara penjaga makam ini.

Tak hanya itu makam Bupati Sidoarjo Pertama ini kan notabene masuk sebagai salah satu cagar budaya, harus di rawat dengan baik tidak asal-asalan seperti ini.

“Saya lihat sendiri kurangnya perawatan yang baik di kawasan makam Bupati Pertama Sidoarjo ini. Padahal seharusnya kawasan ini masuk cagar budaya Kabupaten Sidoarjo, jadi perlu dikelolah dengan baik. Apalagi upah penjaga makam hanya Rp. 200 perbulan, sangat tak layak menurut kami.

Dalam waktu dekat DPC Gerindra Sidoarjo akan memanggil Anggota DPRD Sidoarjo dari Fraksi Gerindra untuk membahas masalah ini,” ungkapnya

Lebih jauh, dirinya bersama  Anggota DPRD Sidoarjo dari Fraksi Gerindra akan perjuangkan permasalahan tersebut

“Lewat Anggota DPRD kita yang nantinya akan memperjuangkan nasib penjaga makam dan kawasan ini harus masuk Cagar Budaya Sidoarjo agar dapat dikelolah, dirawat dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Tadi Dewan Penasehat Gerindra Jatim Pak BHS, juga berpesan ke kami agar mengawal temuanya terkait minimnya upah penjaga makam dan kondisi lokasi pemakaman Bupati Sidoarjo Petama ini. Secepatnya akan kita carikan solusinya,” pungkasnya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini