- Advertisement -spot_img
BerandaNewsCegah Meluasnya PMK, Polsek Pangkur Dan Posramil Blusukan Ke Kandang Sapi Milik...

Cegah Meluasnya PMK, Polsek Pangkur Dan Posramil Blusukan Ke Kandang Sapi Milik Warga

- Advertisement -spot_img

NGAWI : News7

Kepolisian Sektor (Polsek) Pangkur bersama Pos Rayon Militer (Posramil) Pangkur menugaskan personilnya untuk membantu para peternak sapi dengan menyemprot cairan disinfektan langsung ke kandang milik warganya.

Penyemprotan disinfektan tersebut dipimpin oleh Aipda Winarto didampingi Bhabinkamtibmas Bripka Cahyo Ariyanto dan Babinsa Sertu Darmono menyasar ke kandang sapi milik Yadi, Tukiman dan Santoso di Dusun, Desa dan Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi, Minggu (3/7).

Ditemui pasca kegiatan, Kapolsek Pangkur AKP Subandi S.H., M.H. mengatakan, pihaknya melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke kandang sapi milik warga adalah sebagai upaya pencegahan virus PMK agar tidak menular ke sapi yang masih sehat.

“Virus PMK ini tidak kelihatan secara kasat mata dan tidak ada yang mengetahui dimana tempatnya, maka salah satu upaya pencegahannya harus disemprot dengan cairan desinfektan pada lantai, kotoran, dinding, atap, patok, tali, tempat minum dan tempat pakan ternaknya,” tutur AKP Subandi.

Selain itu, menurut AKP Subandi, para peternak harus diberikan penjelasan, bagaimana cara menjaga kebersihan hewan maupun kandangnya secara rutin agar sapi peliharaannya tetap sehat.

“Virus ini bisa datang dari luar kandang maupun dari dalam kandang, yang dari luar bisa terbawa angin atau lewat perantara manusia dan atau benda lainnya, makanya setiap orang jika akan masuk kandung disarankan harus kondisi bersih atau disterilkan dulu,” jelas AKP Subandi.

Lebih lanjut, Kapolsek Pangkur menyebut, PMK ini adalah jenis penyakit yang menyerang hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, kambing dan domba, penularannya cukup cepat jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat, maka akan berdampak pada kematian yang dapat merugikan para peternak.

“Kuncinya, jaga bersihkan sapi, singkirkan kotoran sapi dilantai, berikan makanan sapi yang bersih dan hygiene termasuk vitamin dan jamu khusus sapi, semprot disinfektan secara berkala, dan lebih penting lagi sterilisasi keluar masuknya manusia dan barang di dalam kandang,” tutup AKP Subandi.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini