- Advertisement -spot_img
BerandaNewsHadiri Pertemuan HIPPA, Wakapolsek Bringin : Kedepankan Musyawarah Penggunaan Air Waduk Pada...

Hadiri Pertemuan HIPPA, Wakapolsek Bringin : Kedepankan Musyawarah Penggunaan Air Waduk Pada Musim Tanam

- Advertisement -spot_img

NGAWI : News7

Wakil Kepala Kepolisian Sektor (Wakapolsek) Bringin Ipda Sukarno menghadiri pertemuan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) dalam rangka musyawarah MK II / MT III tahun 2022 di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) wilayah 2 Kabupaten Ngawi di Desa Kedungprahu, Kecamatan Padas, Senin (11/7).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Wakapolsek Bringin Ipda Sukarno, Kepala UPT Dinas PUPR Wilayah 2 Kabupaten Ngawi Purnomo Arif, Ketua Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA), Ketua Daerah Irigasi (DI) dan Jaringan Irigasi (JI) Waduk Pondok dan Kordinator Pintu Air Waduk Pondok Parman serta perwakilan dari Polsek Pangkur dan Padas.

Ditemui usai kegiatan, Wakapolsek Bringin Ipda Sukarno menjelaskan, dalam pertemuan tersebut dibahas tentang kebutuhan air untuk pengairan sawah di wilayah Kecamatan Bringin, Pangkur dan Padas.

“Pertemuan Himpunan Petani Pemakai Air ini dilaksanakan dalam rangka musyawarah pembukaan pintu air waduk pondok pada musim tanam ke-3 Tahun 2022,” ucap Wakapolres Bringin Ipda Sukarno, Senin (11/7).

Dalam kegiatan tersebut, Ipda Sukarno menyampaikan himbauan agar segala bentuk permasalahan terkait penggunaan air waduk pondok dapat di bicarakan secara musyawarah, termasuk potensi kerawanan perebutan air pada musim tanam.

“Karena tujuan rapat menjadwal penyaluran irigasi air waduk ke sawah maka potensi kerawanan tersebut bisa diselesaikan dengan mengedepankan koordinasi, komunikasi, dan musyawarah dalam setiap permasalahan yang timbul dan diselesaikan secara dini, sehingga diharapkan tidak berkembang menjadi besar sebab kebutuhan air irigasi persawahan adalah hal utama yang dibutuhkan petani,” ujar Ipda Sukarno.

Sementara itu, Kordinator Pintu Air Waduk Pondok Parman menyebut, dari hasil musyawarah tersebut diperoleh kesepakatan, rencana pembukaan pintu aliran waduk Pondok, aliran 1 mulai tanggal 25 Juli hingga 11 Agustus 2022, aliran 2 mulai tanggal 17 Agustus hingga 26 Agustus 2022, aliran 3 mulai tanggal 1 September hingga 10 September 2022, aliran 4 mulai tanggal 16 September hingga 25 September 2022, aliran 5 mulai tanggal 31 September hingga 09 Oktober 2022 dan aliran 6 mulai tanggal 15 Oktober hingga selesai.

Selain itu, menurut Parman, dalam pertemuan tersebut atas usulan ketua GHIPPA juga disepakati, untuk aliran waduk pada pasca pergantian pengawasan pintu utama saluran air waduk pondok, debit air yang di butuhkan petani yaitu 2.000 liter per detik.

“Atas usulan yang di ajukan oleh ketua GHIPPA tersebut telah disetujui oleh masing-masing ketua HIPPA desa dan selanjutnya akan diusulkan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Solo melaui Dinas Pekerja Umum Wilayah 2 Kabupaten Ngawi,” terang Parman, Senin (11/7).

Selama pelaksanaan musyawarah, kegiatan berlangsung dengan aman dan kondusif, kerawanan di antisipasi dengan pengamanan terbuka (Pamka) dan pengamanan tertutu (Pamtup) dari Polsek Bringin sebanyak 5 personil dipimpin Wakapolsek Bringin Ipda Sukarno.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini