- Advertisement -spot_img
BerandaNewsJelang Idul Adha, Polres Ngawi Perketat Keluar Masuk Ternak Bakal Qurban

Jelang Idul Adha, Polres Ngawi Perketat Keluar Masuk Ternak Bakal Qurban

- Advertisement -spot_img

NGAWI : News7

Menjelang Idul Adha 1443 H tahun 2022, Polres Ngawi memperketat penyekatan lalu lintas angkutan hewan Qurban di Ngawi. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Ngawi.

Ditemui di ruang kerjanya, Plt Kasihumas Polres Ngawi Iptu Supomo menjelaskan, penyekatan dilakukan di Posko Pengendalian Lalulintas Hewan Rentan PMK guna memaksimalkan pemeriksaan kendaraan bermuatan hewan Qurban.

“Penyekatan ini dilaksanakan sejak tanggal 6 juli 2022 lalu di beberapa titik perbatasan seperti Pos Penyekatan Mantingan yang berbatasan dengan Sragen Jawa Tengah dan Pos Penyekatan Banyuurip yang berbatasan dengan Bojonegoro serta pintu exit tol Ngawi,” terang Iptu Supomo, Jum’at (8/7).

Menurut Iptu Supomo, Kabupaten Ngawi sebagai perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah harus siaga terhadap arus kendaraan bermuatan hewan Qurban, baik yang keluar maupun masuk Kabupaten Ngawi atau Provinsi Jawa Timur.

“Pada Posko Pengendalian Lalulintas Hewan Rentan PMK tersebut, personil jajaran Polres Ngawi bersama Instansi terkait dan petugas kesehatan hewan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi yang tergabung dalam satgas PMK Ngawi memeriksa dengan teliti hewan ternak yang melintas di pos-pos penyekatan tersebut,” ungkap Iptu Supomo.

Lebih lanjut, Iptu Supomo menjelaskan, dalam penyekatan tersebut, jajaran Polres Ngawi bersama satgas PMK Ngawi menghimbau kepada setiap pengemudi kendaraan pengangkut hewan ternak khususnya yang diperuntukkan sebagai hewan Qurban agar membawa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal.

“Perayaan Idul Adha 1443 H semakin dekat, kita lakukan penyekatan lebih ketat dan intensif lagi. Penyekatan ini adalah salah satu cara yang kami lakukan untuk menjamin hewan-hewan ternak yang masuk atau keluar wilayah Ngawi dalam keadaan sehat” ujar IPTU Supomo.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini