- Advertisement -spot_img
BerandaNewsPolsek Geneng Lakukan Pendampingan Vaksinasi PMK 100 Ekor Sapi di Desa Dempel

Polsek Geneng Lakukan Pendampingan Vaksinasi PMK 100 Ekor Sapi di Desa Dempel

- Advertisement -spot_img

NGAWI : News7

Kepolisian Sektor (Polsek) Geneng bersama Koramil melakukan pendampingan kegiatan vaksinasi terhadap ternak sapi dalam rangka antisipasi pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah hukumnya, Rabu (27/7).

Kegiatan vaksinasi PMK dilaksanakan oleh tim vaksinator dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi, drh. Totok, drh. Putri dan drh. Endri dengan penanggung jawab drh. Supriyantono.

Kapolsek Geneng AKP M Farid Suharta menjelaskan, kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan untuk antisipasi atau pencegahan penyakit PMK pada hewan ternak berkuku genap khususnya ternak sapi di wilayah Kecamatan Geneng.

“Hari ini kita bersama rekan-rekan dari Koramil Geneng melakukan pengamanan dan pendampingan vaksinasi penyakit mulut dan kuku milik peternak sapi di Desa Dempel,” terang AKP M Farid Suharta, Rabu (27/7).

Sementara itu, drh. Supriyantono selaku penanggung jawab tenaga vaksinator PMK dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi menyebut, sebelum melakukan vaksinasi pihaknya terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap sapi yang akan divaksin.

“Hal ini sebagai salah satu syarat untuk mejalani vaksinasi PMK, dimana ternak sapi yang akan divaksin harus dalam keadaan sehat, setelah dilakukan pengecekan dan dinyatakan layak untuk divaksin selanjutnya kita lakukan vaksinasi dan pendataan terhadap sapi yang sudah divaksin,” ucap drh. Supriyantono.

Selain itu, drh. Supriyantono menyebut, pihaknya juga menyampaikan pemahaman kepada pemilik ternak terkait langkah-langkah menghadapi wabah penyakit PMK yang menyerang hewan ternak, hingga para peternak sapi paham dan mengerti ciri-ciri hewan yang terjangkit penyakit PMK.

“Dengan dilaksanakannya vaksinasi PMK ini, pihaknya selaku petugas vaksinasi berharap para peternak mampu mengatasi gejala awal PMK dengan pendampingan dari petugas kesehatan hewan terdekat,” terang ,” ujar drh. Supriyantono.

Dalam kegiatan vaksinasi PMK kali ini, drh. Supriyantono mengaku pihaknya menggunakan vaksin jenis Aftopor sebanyak 100 botol vaksin PMK dengan dosis 200 mili liter sekali suntik.

Di akhir kegiatan, drh. Hardian Supriyantono atas nama tim vaksinator mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut tanpa ada paksaan sehingga kegiatan berlangsung aman, lancar dan kondusif.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini