- Advertisement -spot_img
BerandaNewsPolsek Paron Sigap Evakuasi Pohon Tumbang Di Jalan

Polsek Paron Sigap Evakuasi Pohon Tumbang Di Jalan

- Advertisement -spot_img

NGAWI : News7

Hujan deras disertai angin yang melanda wilayah Kecamatan Paron pada Minggu 14/8/2022 pukul 17.45 WIB mengakibatkan sebatang pohon berukuran besar tumbang menutupi jalan Jogorogo – Ngawi di Dusun Sidorejo, Desa Gentong, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi.

Kapolsek Paron AKP Didik Supriyanto S.H. membenarkan kejadian tersebut, menurutnya, pohon jenis Waru berdiameter 60 Cm tumbang diterpa hujan hingga melintang menghalangi jalan di jalur penghubung antara kecamatan Jogorogo dengan kecamatan Paron.

“Awalnya mulai siang hari tadi pukul 14.00 WIB terjadi hujan diwilayah Paron, namun hingga sore hari hujan bertambah lebat disertai angin kencang, tak ayal jalan yang merupakan jalur alternatif tersebut tertutup total dan tak bisa dilewati kendaraan, sehingga mengakibatkan kemacetan, beruntung tak ada korban jiwa maupun material dalam peristiwa tersebut,” ujar AKP Didik.

Polsek Paron setelah mendapat informasi dari warga, lanjut AKP Didik, dengan sigap tiga petugas jaga bersama relawan BNPT dan petugas PLN mendatangi lokasi pohon tumbang tersebut juga membawa peralatan gergaji chainsaw.

“Sesampainya dilokasi kejadian, petugas petugas PLN segera memutus jaringan listrik, setelah dirasa aman personel Polsek bersama-sama relawan dibantu masyarakat yang ada dilokasi bergegas langsung mengevakuasi pohon Waru yang tumbang dan melintang di jalan tersebut,” ucap AKP Didik.

Lebih lanjut AKP Didik menerangkan, dengan cara dipotong-potong dengan menggunakan chainsaw pohon Waru tersebut berhasil diamankan ke tepi jalan. Petugas hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengevakuasi pohon tumbang sehingga arus lalu lintas dilokasi tersebut lancar kembali.

Dengan adanya kejadian pohon tumbang tersebut, AKP Didik mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan selalu berhati-hati, walaupun saat ini musim kemarau telah tiba ternyata masih terjadi cuaca extrem terbukti kejadian hari ini ketika siang tadi cuaca panas terik namun tidak berapa lama terjadi hujan yang sangat lebat disertai angin kencang.

AKP Didik menambahkan, bahwa dalam mengantisipasi peristiwa alam yang terjadi pihaknya akan meningkatkan kesiapsiagaan personel dan peralatan pendukung serta akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar segera dilakukan penyisiran di jalan raya terkait pohon yang rawan tumbang untuk dilakukan penebangan dan penanaman atau peremajaan pohon kembali,” pungkasnya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini