- Advertisement -spot_img
BerandaBUDAYATradisi Bersih Desa Di Desa Kanung Kabupaten Madiun Tampilkan Seni Budaya Cokekan

Tradisi Bersih Desa Di Desa Kanung Kabupaten Madiun Tampilkan Seni Budaya Cokekan

- Advertisement -spot_img

Madiun : News 7

Tradisi bersih desa adalah upacara selamatan desa yang biasanya dilakukan setiap tahun di masyarakat Desa yang bertujuan agar supaya masyarakat terhindar dari bencana ,penyakit dan juga sebagai bentuk rasa syukur atas rejeki yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Tak berbeda jauh,Desa Kanung Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun juga mengadakan acara bersih Desa yang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya dan kali ini dijalankan setelah acara HUT RI ke 77 Minggu kemarin.

Acara yang dimulai hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 pukul 14 00 WIB di balai desa setempat dengan mengarak Gunungan yang berupa makanan,jajanan ,kue serta sayuran yang dikemas bertumpuk tumpuk menyerupai gunungan untuk selanjutnya dibawa ke Punden desa bernama Punden Dewi Kaniah.

Dilokasi tujuan Gunungan,disana juga sudah tersedia nasi buceng lengkap beserta lauk yang berasal dari mayarakat desa setempat untuk didoakan bersama dan dibagikan untuk dimakan bersama pula .

Kegiatan acara bersih Desa ditutup dengan menampilkan seni Cokekan yang dimainkan oleh warga masyarakat sendiri.

Cokekan adalah seni tradisional warisan budaya murni asli Jawa yang sering dipertontonkan pada saat saat tertentu di daerah Jawa Timur termasuk Madiun dan sekitarnya.

Cokekan seperti halnya musik dan tari pada umumnya,namun Cokekan menurut kepala Desa Kanung adalah pertunjukan seni tari yang diiringi musik gamelan dengan gong yang terbuat dari bumbung atau bambu.(Ba)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini