- Advertisement -spot_img
BerandaNewsPolres Malang Gunakan Drone dan CCTV, Pantau Lalu Lintas Selama Libur Nataru

Polres Malang Gunakan Drone dan CCTV, Pantau Lalu Lintas Selama Libur Nataru

- Advertisement -spot_img

MALANG : News7

Polres Malang Polda Jatim menggunakan drone dan Closed Circuit Television (CCTV) untuk membantu memantau kondisi arus lalu lintas selama Operasi Lilin Semeru 2023.

Kasihumas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik mengatakan drone dan CCTV akan difungsikan untuk memantau arus lalu lintas di sejumlah titik di Kabupaten Malang.

Penggunaan drone dilakukan untuk memantau jalur-jalur yang berpotensi terjadi kemacetan sehingga bisa segera dilakukan penguraian oleh Tim Pengurai Kemacetan (TPK) dari Polantas maupun Dishub yang siaga di Pos Pengamanan maupun Pos Pelayanan.

“Ada tim yang memantau arus lalu lintas melalui CCTV dan drone,” ucap Taufik saat dikonfirmasi di Polres Malang, Kamis (29/12).

Taufik menambahkan, selama liburan Nataru 2023 terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik maupun wisatawan yang menuju Malang Raya. Melalui drone petugas bisa mengambil tindakan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus manakala terjadi kemacetan panjang.

Penggunaan drone tersebut bakal disebar di sejumlah pos, terutama Pos Pelayanan Karanglo Singosari yang merupakan jalur utama pintu keluar Tol Singosari menuju arah Kota Malang maupun Kota Batu.

“Jika terjadi potensi penumpukan kendaraan, maka petugas di lapangan segera bertindak untuk mengurai arus lalu lintas,” ujarnya.

Informasi pantauan arus lalu lintas akan ditayangkan secara langsung melalui media sosial Polres Malang. Informasi pengalihan arus maupun peningkatan volume kendaraan bisa segera diketahui oleh masyarakat, sehingga bisa bermanfaat bagi pengendara yang akan melintas agar tidak was-was dengan kemacetan saat berkendara.

Lebih lanjut Taufik juga menghimbau para pengguna jalan untuk tertib dalam berlalu lintas dan mengikuti pola rekayasa apabila telah diberlakukan oleh petugas.

Jika menemui kendala dalam perjalanan, masyarakat diharap tidak segan meminta bantuan ke pos pengamanan atau pos pelayanan dari kepolisian.

Seperti diketahui, Polres Malang telah menyiapkan 5 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan selama Operasi Lilin Semeru 2023. Diantaranya Pos Pelayanan Karanglo Singosari, Pos Pengamanan Kepuharjo Karangploso, Pos Bunut Wetan Pakis, Pos Jalibar Kepanjen, Pos Masjid Al Islah Sumberpucung dan Pos JLS Bantur.

Pemudik bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan di Pos Pelayanan Polres Malang, seperti fasilitas ngopi gratis, pijat gratis, pemeriksaan kesehatan, play ground hingga vaksin booster Covid-19 gratis.

“Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan siap 24 jam melayani seluruh masyarakat pengguna jalan maupun pemudik selama Nataru 2023, jangan ragu meminta bantuan kepada petugas yang sedang berjaga,” pungkas Taufik. (u-hmsresma)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini