109 Warga Ikuti Vaksinasi Booster Oleh Polres Ngawi Di Pasar Walikukun

0
290

NGAWI : News7

Percepatan vaksinasi terus dilakukan oleh Polres Ngawi dengan membuka gerai layanan vaksinasi. Salah satunya di Pasar Walikukun, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Rabu (18/5).

Pada gelaran vaksinasi massal tersebut Polres Ngawi membuka layanan vaksinasi Covid-19 dosis 1, 2, dan 3 (booster) bagi masyarakat kelompok usia umum dan lansia di Kecamatan Widodaren.

Kapolsek Widodaren AKP Zaenal Arifin mengatakan, pihaknya sengaja memilih Pasar Walikukun kerena banyak didatangi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis tiga (booster).

“Selain membuka layanan vaksinasi dosis tiga atau booster, kita juga melayani vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua bagi kelompok masyarakat usia umum hingga lansia,” AKP Zaenal Arifin.

Lebih lanjut, AKP Zaenal Arifin mengatakan, pihaknya gencar melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat, karena terbukti sangat efektif mencegah gejala berat dan kematian akibat Covid-19, termasuk varian Omicron.

Selain itu menurut AKP Zaenal Arifin, dengan vaksinasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh artinya semakin banyak masyarakat yang divaksin dosis penuh (vaksinasi dosis 1, 2 dan 3), maka semakin sedikit penduduk yang rawan terkonfirmasi, maka semakin besar kemungkinan bisa mengendalikan varian baru Covid-19.

Tidak hanya itu, AKP Zaenal Arifin menyebut, dengan vaksinasi juga dapat memperkuat dan mempertahankan kekebalan tubuh, sebab antibodi dalam tubuh yang terbentuk melalui vaksin pun lambat laun bisa menurun efektivitasnya.

Yang tidak kalah pentingnya, AKP Zaenal Arifin menambahkan, dengan vaksinasi dapat mempercepat peralihan dari masa pandemi menuju endemi, dimana untuk mewujudkan kemenangan melawan Covid-19 salah satu strategi yang tepat adalah pencapaian kekebalan kelompok melalui vaksinasi secara menyeluruh.

“Oleh karenanya pada masa pascaliburan Idul Fitri tahun ini kita buka gerai vaksin booster dilokasi lokasi keramaian termasuk di pasar pasar,” AKP Zaenal Arifin Kapolsek Widodaren.

Selain melaksanakan vaksinasi, AKP Zaenal Arifin mengungkap, pihaknya juga menyampaikan himbauan kepada pengunjung pasar terkait protokol kesehatan sehubungan dengan penanganan pandemi Covid-19 yang semakin terkendali, dimana Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan kebijakan bahwa masyarakat diberi kelonggaran tidak menggunakan masker jika aktivitas di luar ruangan atau area terbuka atau yang tidak padat orang, namun jika berada di ruang tertutup atau transportasi publik tetap harus menggunakan masker.

Selanjutnya apabila masyarakat yang termasuk katagori rentan, lansia atau memiliki penyakit kormobit maka disarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktifitas, demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batu pilek maka disarankan untuk tetap memakai masker saat beraktifitas, tambahnya.

“Semoga dengan vaksinasi dan kebijakan protokol kesehatan, masyarakat dapat terhindar dari penyebaran virus Covid-19 dan bisa beraktivitas tanpa ada rasa ketakutan terpapar dengan harapan herd immunity segera terbentuk,” harapnya.

Layanan gerai vaksin ini mendatangkan tenaga vaksinator dari Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) Polres Ngawi dengan penanggung jawab drg. Prita Wulan Hapsari didampingi Pamatwil Polres Ngawi AKP Agus Maryanto selaku Koordinator gelaran percepatan vaksinasi dan Padal Kapolsek Widodaren AKP Zaenal Arifin.

“Dari hasil vaksinasi, kita dapat menjangkau 126 orang, dan berhasil memvaksin 109 orang, untuk usia umum 94 orang dan lansia 15 orang, terdiri dari dosis 1 sebanyak 3 orang, dosis 2 sebanyak 5 dan dosis 3 (booster) sebanyak 101 orang, sedang jenis vaksin yang digunakan adalah Moderna sebanyak 8 vial, untuk 17 orang ditunda pelaksanaan vaksinnya karena alasan kesehatan,” terang Kapolsek Widodaren AKP Zaenal Arifin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini