- Advertisement -spot_img
BerandaKUMPULAN BERITA MAGETANKetua DPRD Dan Komisi D Sidak Ke Kampung Susu Singolangu

Ketua DPRD Dan Komisi D Sidak Ke Kampung Susu Singolangu

- Advertisement -spot_img

MAGETAN : News7

Adanya keluhan warga akan limbah kotoran ternak sapi yang mencemari air sungai dengan bahu menyengat di Kampung Susu Singolangu Kecamatan Plaosan direspon DPRD Magetan dengan melakukan inspeksi mendadak. Sidak dipimpin langsung Ketua DPRD Sujatno diikuti Ketua Komisi D Suyatno bersama Anggota.Hadir pula dalam sidak Kepala Dinas Lingkungan Hidup Saif Muchlison dan Kepala Dinas Peternakan dan perikanan Nur Haryanti.

” merespon keluhan warga saya bersama komisi D lakukan sidak ke Kampung susu Singolangu dan TPS3R,” ujar Sujatno. Tujuannya untuk mencarikan solusi dari limbah kotoran sapi yang mencemari air di sungai yang melintas di daerah tersebut.Kita dorong Disnakan dan Dinas LH segera bersinergi yang selanjutnya IPAL segera dibangun.

Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Magetan Suyatno menyampaikan Sidak yang dilakukan adanya keluhan warga yang ada di bawah terkait pencemaran air akibat kotoran sapi yang belum terkelola dengan baik.Bahkan kemungkinan air sumber yang diambil PDAM juga terkena imbasnya.

” Sidak yang kami lakukan untuk mengetahui masalah yang sebenarnya,” ujar Suyatno.Dari hasil pengamatan kami ini seharusnya kotoran sapi yang kasar diambil dulu baru disemprot. Namun yang terjadi kotoran langsung disemprot dan airnya mengalir ke sungai hingga menyebabkan pencemaran sungai.

Dari hari ke hari limbah yang mengalir ke sungai semakin banyak apalagi IPAL belum terbangun akibat gagal tender pada tahun 2021 lalu. Dari sekitar 211 ekor sapi bila semua kotoran cair mengalir ke satu titik tempat di sungai dan jumlahnya banyak, maka secara langsung berimbaa pada warga yang di bawah.

Setelah sidak ini diharapkan dinas terkait segera melakukan sosialisasi dan penyuluhan pada peternak agar dengan kesadaran diri mengelola dengan baik limbah kotoran sapi sehingga akan mengurangi tingkat pencemaran.” Jika nanti Ipal sudah dibangun LH semoga tidak ada pencemaran lagi,” ungkap Suyatno legislator 5 periode ini.(HR)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini