- Advertisement -spot_img
BerandaKUMPULAN BERITA MADIUNTingkatkan SDM Di Bidang Lingkungan Hidup,Perwakilan Adiwiyata Sekolah dan Madrasah Se Kabupaten...

Tingkatkan SDM Di Bidang Lingkungan Hidup,Perwakilan Adiwiyata Sekolah dan Madrasah Se Kabupaten Madiun Terima Pelatihan

- Advertisement -spot_img

News 7

Perwakilan Adiwiyata Sekolah dan Madrasah se Kabupaten Madiun telah menerima Pelatihan Pembibitan dan Perawatan Tanaman dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Rabu (9/11/2022)

Nara sumber yang sengaja didatangkan dari Dinas Pertanian Kabupaten Madiun juga memberikan beberapa tehnik yang harus terus dikembangkan pada tanaman buah untuk menghasilkan bibit yang berkualitas unggul.

Arahan yang diberikan oleh nara sumber Indri Dwi Yuliastuti diantaranya adalah pengembangan budidaya tanaman buah dengan perbanyakan secara vegetatif, seperti okulasi,sambungan dan cangkok,karena hal itu tidak terlepas dari calon bibit tersebut punya sifat yang sama dengan induknya,untuk itulah diperlukan induk yang baik dan berkualitas unggul.

Nara sumber Muhson Azwar Hamid banyak menjelaskan tentang cara pemeliharaan tanaman buah diantaranya adalah perlakuan terhadap tanaman dan lingkungan agar tanaman tumbuh sehat dan normal,hal itu akan bisa dicapai dengan memperhatikan antara lain melalui pendangiran ,penyiangan pemupukan, penyiraman dan pemberantasan hama penyakit tanaman.

Acara selanjutnya pemberian materi dengan praktek di lapangan tentang langkah-langkah perbanyak tanaman dengan cara cangkok.

Dalam kegiatan lapangan yang dipandu oleh kedua Nara sumber dijelaskan bahwa upaya memperbanyak tanaman dengan cara cangkok. adalah upaya yang paling sederhana dan murah ,untuk itu perlu langkah langkah yang harus dilakukan.

Langkah-langkah tersebut antara lain:

  1. Agar dipilih cabang
    atau batang yang baik.
  2. Kuliti batang kurang
    lebih dua atau tiga
    centi.
  3. Siapkan media tanam
    cocopit,tanah dan air.
  4. Tempelkan media
    tanam
  5. Sirami
  6. Potong cangkokan
    setelah satu atau dua
    bulan.

Peserta yang tidak mau disebut namanya dari sekolah Adiwiyata SMPN 1 Pilang Kenceng mengatakan rasa anthusiasnya saat mengikuti pelatihan ini,karena mendapat pengetahuan cara memperbanyak tanaman dan berharap bisa dikembangkan untuk menaikkan taraf hidup keluarga dan lingkungan.

Terpisah ,Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edy Bintardjo berharap dengan program pelatihan ini semoga kedepannya banyak lembaga pendidikan semakin paham dan peduli terhadap lingkungan dan bisa menularkan budaya peduli terhadap lingkungan ,sehingga pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Madiun akan menjadi semakin baik (Ba)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini