- Advertisement -spot_img
BerandaNewsPastikan Kesiapan Anggota Jelang Pemilu 2024, Polres Madiun Gelar Latihan Sispamkota

Pastikan Kesiapan Anggota Jelang Pemilu 2024, Polres Madiun Gelar Latihan Sispamkota

- Advertisement -spot_img

Madiun : News7

Pemilu 2024 semakin nampak di depan mata. Pesta demokrasi tersebut adalah kesempatan bagi warga menggunakan hak pilihnya untuk menentukan siapa pemimpin nantinya.

Menanggapi segala bentuk gangguan dan kerawan selama pemilu 2024, Polres Madiun bersama Polres Jajaran Polda Jatim Korwil V menggelar simulasi sistem pengamanan kota (SispamKota) untuk menguji kesiapan personel Kepolisian dalam melakukan pengamanan Pemilihan Umum tahun 2024.

Simulasi tersebut melibatkan berbagai pihak yang dilibatkan meliputi TNI-Polri, KPU Kab. Madiun, Dishub, Linmas, Satpol PP dan Bawaslu Kab. Madiun.

Kegiatan Sispamkota tersebut dilaksanakan di kompleks Lapangan Tribrata Polres Madiun, pada simulasi ini dilatihkan skenario tahapan aman, rawan sampai timbul kerusuhan yang menggagu Kamtibmas, Kamis (31/8/2023).

Diawali dari aksi unjuk rasa masyarakat yang kemudian berakhir dengan kericuhan. Bahkan juga sempat diwarnai aksi penjarahan oleh kelompok masyarakat yang tidak bertanggungjawab.

Namun dengan kesigapan aparat gabungan, situasi gangguan kamtibmas yang terjadi dapat terkendalikan. Hingga situasi keamanan kembali kondusif dan massa membubarkan diri.

Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo yang memantau langsung bersama Forkopimda sekowil V Madiun menuturkan Simulasi pengamanan Pemilu ini untuk memastikan personel Polri yang bersinergi dengan TNI dan stakeholder telah siap mengawal rangkaian kegiatan di tahun Politik.

“Simulasi ini menjadi momentum baik bagi semua komponen keamanan untuk menyiagakan diri, mengukur dan memetakan potensi serta deteksi dini gangguan kemanan yang mungkin terjadi selama pagelaran tahun politik 2024,” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres Madiun menjelaskan, pihaknya telah memetakan potensi kerawanan yang ada di Kab. Madiun, sehingga akan memudahkan tugas-tugas Polri dalam pengamanan pemilu nantinya.

“Dengan kegiatan ini pula kami menunjukkan ke publik bahwa Polri berkolaborasi dengan TNI dan seluruh stakeholder, siap melaksanakan kegiatan pengamanan tahapan Pemilu di tahun depan, “Ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Danrem 081/Dhirotsaha Jaya, Kolonel Inf H. Sugiyono, ia menuturkan pelaksanaan Sispamkota tersebut dapat mendukung pelaksanaan pemilu tahun 2024 dengan mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang mungkin saja terjadi khususnya di wilayah korwil V Madiun. [

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini