- Advertisement -spot_img
BerandaNewsSepakat Guyub Rukun, Tokoh Pesilat Ikut Jaga Stabilitas Kamtibmas Bersama Kapolsek Ngrambe

Sepakat Guyub Rukun, Tokoh Pesilat Ikut Jaga Stabilitas Kamtibmas Bersama Kapolsek Ngrambe

- Advertisement -spot_img

NGAWI : News7

Kapolsek Ngrambe IPTU Sukoco, S.H. menjadi tuan rumah acara silaturahmi dan koordinasi paguyuban bela diri yang berada di wilayah hukum Polsek Ngrambe, Jum’at (15/4) malam.

Acara silaturahmi tersebut digelar pada pukul 21.00 WIB di Mako Polsek Ngrambe. Hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Ngrambe Iptu Sukoco, Ketua PSHT P17 Suharto, Ketua PSHT 1922 Kabul Suyanto, Ketua PSH Winongo Sriyanto, Ketua PS Cempaka Putih Sukirno Mustopo, Ketua IKS PI Sriyono.

Dalam acara silaturahmi tersebut Ketua PSHT P17 Suharto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolsek Ngrambe yang telah memfasilitasi terbentuknya Paguyuban Beladiri Ngrambe pada bulan Desember 2021, sehingga setiap bulan Ketua Ranting perguruan beladiri yang ada di Ngrambe bisa bersilaturahmi untuk meningkatkan keakraban dan kekeluargaan demi mewujudkan wilayah Ngrambe aman dan kondusif.

Lain halnya dengan Ketua PSHT 1922 Kabul Suyanto mengusulkan, ngopi bareng bersama Ketua Ranting perguruan beladiri Ngrambe seperti ini sangat positif, agar pengurus ditingkat bawah bisa mencontoh dan terjalin keakraban antar perguruan beladiri.

Sedang Ketua PSH Winongo Sriyanto berharap agar direncanakan setelah lebaran pada saat silaturahmi seperti ini dilanjutkan sambang ke semua perguruan yang mengadakan latihan.

Sementara Ketua PS Cempaka Putih Sukirno Mustopo menyampaikan rasa terima kasihnya dengan terbentuknya Paguyuban Beladiri Ngrambe sehingga komunikasi dan koordinasi bisa dilakukan dengan cepat, apabila ada gesekan ditingkat bawah bisa cepat diselesaikan.

Begitu pula dengan Ketua IKS PI Sriyono mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Ngrambe yang telah memfasilitasi terbentuknya Paguyuban Beladiri Ngrambe dan berharap setelah lebaran diadakan arisan misalnya Rp. 10.000,- an dan untuk tempatnya tiap bulan bergiliran ke rumah Ketua Ranting agar lebih meningkatkan keakraban dan kekeluargaan diantara Ketua Ranting dan keluarga.

Ditemui usai kegiatan, Kapolsek Ngrambe AKP Sukoco menjelaskan, acara silaturahmi dan koordinasi tersebut diadakan untuk menciptakan stabilitas Kamtibmas yang kondusif, perguruan silat di Ngrambe bisa guyub rukun menjelang perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022 dan dimassa depan.

“Untuk itu, sebagai langkah awal dalam menjaga stabilitas Kamtibmas dan wujud keguyuban, kita sepakat untuk memasang banner ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, bergambar seluruh perguruan beladiri yang ada di wilayah Kecamatan Ngrambe berikut foto para ketua ranting,” terang IPTU Sukoco.

Selain itu, menurut IPTU Sukoco, paguyuban beladiri Ngrambe akan melaksanakan pembagian takjil bersama, menjelang buka puasa di depan Mako Polsek Ngrambe dengan peserta perwakilan seluruh perguruan beladiri yang berada di wilayah Kecamatan Ngrambe.

IPTU Sukoco menyebut, demi menjaga stabilitas Kamtibmas, paguyuban beladiri Ngrambe akan menghimbau seluruh warganya terutama kelompok pemuda agar tidak bergabung dengan komunitas-komunitas sayap perguruan beladiri yang notabene sering menimbulkan gesekan.

“Apabila ditemukan gesekan antar warga akan segera dikomunikasikan melalui paguyuban agar permasalahan tidak melebar,” jelas IPTU Sukoco.

Kapolsek Ngrambe menambahkan, Ketua perguruan pencak silat yang tergabung dalam paguyuban perguruan beladiri Ngrambe akan menghimbau kepada seluruh warganya agar cermat menggunakan media sosial, tidak mudah terprovokasi dan menyikapi segala bentuk permasalahan dengan bijak.

“Untuk selanjutnya disepakati, Paguyuban Beladiri Ngrambe akan menggelar agenda pertemuan rutin setiap bulan untuk menjalin silaturahmi dan membahas hal-hal yang berpotensi menimbulkan gesekan atau konflik,” ujarnya.

IPTU Sukoco berharap, kedepan tetap terjalin komunikasi dan koordinasi antar ketua ranting perguruan beladiri Ngrambe yang sudah terbentuk pada bulan Desember 2021 dengan nama Paguyuban Beladiri Ngrambe, agar menjadi contoh kepada pengurus ditingkat bawah untuk selalu menjaga tali silaturahmi dan persaudaraan antar perguruan beladiri, dan apabila ada gesekan ditingkat bawah segera bisa diselesaikan dengan cepat dan baik.

“Meneruskan perintah dari Bapak Kapolres Ngawi, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H akan kami buatkan Baner ucapan Hari Raya Idul Fitri 1443 H secara bersama-sana menampilkan foto masing-masing Ketua Ranting perguruan beladiri Ngrambe dalam 1 Baner besar dan akan dipasang ditempat strategis Simpang 4 Pasar Ngrambe, agar warga perguruan beladiri dan masyarakat Kecamatan Ngrambe melihat bahwa perguruan beladiri Wilayah Ngrambe rukun dan siap untuk menjaga situasi Kamtibmas wilayah Kecamatan Ngrambe aman kondusif,” ungkapnya.

Lebih lanjut, IPTU Sukoco menghimbau, di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kami mengajak semua elemen masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan mengisi kegiatan kegiatan yang bernilai ibadah.

“Kepada adik-adik remaja pada saat menjelang buka puasa dan sahur jangan melakukan kegiatan” yang mengganggu kekhusyukan Umat Islam dalam menjalankan ibadah Puasa, jangan melakukan balap liar yang bisa mengganggu ketertiban umum dan bisa mengganggu keselamatan pribadi maupun orang lain,” pintanya.

Akhirnya, IPTU Sukoco mengungkapkan, meskipun Pemerintah sudah memperbolehkan mudik, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan moto MUDIK AMAN MUDIK SEHAT.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini