- Advertisement -spot_img
BerandaNewsARCI : Elektabilitas Gus Fawaid Tinggi Sebagai Wagub Jatim

ARCI : Elektabilitas Gus Fawaid Tinggi Sebagai Wagub Jatim

- Advertisement -spot_img

SURABAYA : News 7

Lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengeluarkan hasil survei terbaru mereka terkait potret elektabilitas tokoh politik menjelang pemilihan kepala daerah di Pemilu 2024 nanti.

Dalam survei ARCI yang dilakukan dari tanggal 11 April hingga 25 April 2022 dilakukan di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur dengan jumlah responden proporsional yakni 1200 responden.

Hasil Survei ARCI elektabilitas Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tertinggi jika maju kembali pada gelaran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim di Pemilu 2024 mendatang. 

“Banyak responden yang ingin Khofifah memimpin Jatim kembali alias dua periode. Berpasangan dengan siapapun Calon Wakil Gubernurnya, elektabilitas Khofifah tetap tertinggi,” kata Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Siradj.

Baihaki mengungkapkan jika hasil survei ARCI terkait Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim jelang Pemilu 2024, 

Responden ketika di sodorkan pertanyaan, dengan kuisoner atau pertanyaan “Apabila ada 3 Pasangan Calon Gubernur

dan Wakil Gubernur siapa yang anda pilih?

Kami pasangkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang pertama, Khofifah Indar Parawansah – M Fawaid dengan presentase 49,7 %, kedua Emil Elestianto Darda – Abu Bakar dengan presentase 15,3 %, ketiga Saifullah Yusuf- Puti Guntur Soekartono dengan presentase 13,9 %.

Untuk pasangan lain dengan presentase 4,5 %, untuk yang Tidak menjawab/Tidak Tahu sebesar 16,6 %.

“Politisi Muda Partai Gerindra, M Fawaid atau yang akrab di sapa Gus Fawaid elektabilitasnya tinggi sebagai Calon Wakil Gubernur Jatim. Jika berpasangan dengan Bu Khofifah presentase mereka 49,7 % jauh meninggalkan Paslon yang kami pasangkan yakni Emil-Abu bakar dan Gus Ipul-Mbak Puti,” imbuh Baihaki

Baihaki menambahkan jika nama Gus Fawaid populer di masyarakat Jatim. Anggota DPRD Jatim ini memang dikenal komitmen terhadap pemberdayaan ekonomi umat. 

“Pria yang juga anggota DPRD Jatim ini dinilai berhasil membangun antara legislatif dan eksekutif.

Komunikasi dalam hal ini berkaitan dengan upaya penguatan UMKM. Anggota Komisi C ini juga mendorong BUMD milik Pemprov Jatim untuk aktif melakukan CSR bagi pengembangan usaha mikro. Koresponden menyebut jika Gus Fawaid layak jika menjadi Wakil Gubernur Jatim berpasangam dengan Khofifah,” imbuhnya.
Perlu diketahui, Gus Fawaid dipercaya sebagai Ketua Fraksi Gerindra. Sedangkan di tingkat partai, kini ia menjabat sebagai Bendahara DPD Partai Gerindra Jatim

Lebih jauh Baihaki menambahkan jika Populasi Survei ARCI dilakukan di seluruh warga Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih pada Pemilu mendatang, dan berumur 17 tahun atau sudah menikah. Dari populasi yang di pilih secara rendom atau Multistage Random Sampling sebanyak 1200 responden. Dengan marging of eror sebesar kurang lebih 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Responden terpilih kami wawancarai lewat tatap muka oleh tim Surveyer ARCI yang terlatih. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen, kemudian sampel (responden red) didatangi kembali oleh Supervisor atau Spot Chek dalam kualiti kontrol dan tidak ditemukan kesalahan berart. Survei wawancara langsung dilapangan yang di lakukan ARCI sejak 11 Mei hingga 25 Mei 2022 tersebut,” imbuh Baihaki ( * )

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini