- Advertisement -spot_img
BerandaNewsJaga Stabilitas Kamtibmas, Polres Ngawi dan Jajaran Gelar Patroli Di Malam Minggu

Jaga Stabilitas Kamtibmas, Polres Ngawi dan Jajaran Gelar Patroli Di Malam Minggu

- Advertisement -spot_img

NGAWI : News7

Dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di wilayah Kabupaten Ngawi, pada Sabtu malam, 21 Mei 2022, Polres Ngawi beserta jajarannya serentak menggelar patroli gabungan.

Gelaran patroli gabungan tersebut dilaksanakan secara terpadu oleh personil Polres Ngawi bersama Satpol PP Kabupaten Ngawi dan dilaksanakan serentak oleh personil Polsek Jajaran bersama personil Koramil di wilayah hukumnya masing masing.

Ditemui di lokasi kegiatan, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya, S.I.K., M.H. mengatakan, Agenda malam Minggu bagi lapisan masyarakat khususnya kaum milenial merupakan momentum diakhir pekan yang biasanya digunakan untuk melepaskan kepenatan dengan euforia dan sukacita.

“Dinamika perubahan situasi dan kondisi euforia pada malam Minggu menjadi perhatian khusus bagi Polres Ngawi beserta jajarannya agar tidak berkembang menjadi gangguan Kamtibmas, maka disinilah peran Polri untuk tampil mencegah potensi gangguan tersebut agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata,” ujar AKBP Winaya.

AKBP Winaya menjelaskan, terkait hal tersebut ada beberapa upaya yang dilakukan Polres Ngawi pertama dengan mengedepankan upaya pre-emtif dengan menyampaikan himbauan dan pendekatan kepada masyarakat untuk menghindari munculnya potensi-potensi terjadinya permasalahan sosial dan kejahatan di masyarakat dengan cara menumbuhkan partisipasi dan kerjasama dari masyarakat untuk berperan aktif menjaga keamanan setiap individu, keluarga dan lingkungan sekitar.

“Kita lakukan komunikasi dan edukasi yang bersifat persuasif dengan mengajak masyarakat, terutama kaula muda yang dijumpai sedang berkumpul di kafe, angkringan, warung kopi lesehan dan tempat tempat tongkrongan lainnya agar tidak melakukan hal-hal yang dilarang menurut hukum dan norma sosial kemasyarakatan,” terang AKBP Winaya.

AKBP Winaya menyebut, contoh kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi tentang bahaya-bahaya kejahatan, ajakan untuk menjaga keamanan lingkungan, dan ajakan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Berikutnya yang kedua menurut AKBP Winaya, dengan upaya preventif untuk mencegah tindakan-tindakan masyarakat agar tidak mencapai ambang gangguan dan menjadi gangguan nyata, yakni dengan menyusuri jalur rawan pelanggaran dan kejahatan termasuk tempat berkumpulnya para remaja dan tempat tongkrongan kawula muda.

“Kita lakukan dengan cara pencegahan secara langsung terhadap kondisi-kondisi yang secara nyata dapat berpotensi menjadi permasalahan sosial dan tindakan kejahatan yang bisa membahayakan keamanan dan ketertiban masyarakat, contoh kegiatan yang dilakukan adalah dengan cara patroli pada daerah rawan kejahatan dan pelanggaran hukum, misalnya patroli jalur rawan kecelakaan lalu lintas, patroli antisipasi balap liar, patroli antisipasi premanisme, patroli antisipasi aksi pencurian,” tandas AKBP Winaya.

AKBP Winaya menambahkan, sedang upaya terakhir adalah dengan melakukan tindakan represif, bertujuan untuk menghadirkan keadilan dengan cara menegakkan hukum terhadap para pelanggar hukum.

“Tindakan represif menjadi pilihan paling akhir yang dilakukan, dengan pertimbangan apabila tindakan pre-emtif dan preventif tidak berhasil, karena perbuatan masyarakat telah menimbulkan gangguan dan ancaman yang dapat merugikan orang lain, contoh kegiatan yang dilakukan dengan cara penyelidikan dan penyidikan terhadap perbuatan yang diduga sebagai tindak pidana,” imbuh AKBP Winaya.

Menutup keterangannya, AKBP Winaya mengungkapkan, gelaran patroli gabungan serentak oleh jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Ngawi ini di laksanakan mulai Sabtu malam pukul 21.00 WIB dan berakhir pada Minggu pagi pukul 04.00 WIB, dengan hasil kegiatan dapat terwujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Ngawi, tidak ada kejadian yang meresahkan masyarakat serta kejadian menonjol lainnya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini