- Advertisement -spot_img
BerandaNewsWujudkan Keamanan Lingkungan, Polsek Karanganyar Jalin Kemitraan Bersama Petugas Poskamling

Wujudkan Keamanan Lingkungan, Polsek Karanganyar Jalin Kemitraan Bersama Petugas Poskamling

- Advertisement -spot_img

NGAWI : News7

Dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), Kepolisian Sektor (Polsek) Karanganyar Resor Ngawi menjalin kemitraan bersama Petugas Poskamling dalam menjaga keamanan lingkungan.

Untuk itu, pada Rabu malam 1 Juni 2022 pukul 21.00 WIB petugas jaga Polsek Karanganyar Aiptu Totok, Aiptu Hartono dan Bripka Andik melakukan kunjungan ke Poskamling Dusun Watutinatah, Desa Gembol, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi.

Ketika dikonfirmasi pada Kamis 2 Juni 2022, Kapolsek Karanganyar AKP Supardi membenarkan, bahwa 3 orang anggotanya melaksanakan patroli dialogis dengan mengunjungi Poskamling Dusun Watutinatah.

“Polsek Karanganyar mempunyai kewajiban untuk memberikan bimbingan teknis maupun taktis kepada petugas jaga Poskamling, agar dalam kegiatan dan pola bertindaknya lebih terarah dengan metode yang sistematis,” terang AKP Supardi.

AKP Supardi mengatakan, bahwa Polsek Karanganyar memberikan pemahaman kepada petugas Poskamling bahwa setiap warga masyarakat harus menyadari bahwa keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, karena pada dasarnya setiap manusia membutuhkan keamanan dirinya, keluargannya, lingkungannya termasuk harta bendanya, sehingga dibutuhkan kekompakan dan kegotong royongan.

AKP Supardi menambahkan, setiap warga masyarakat diberikan pemahaman bahwa dalam menjaga keamanan lingkungan harus didirikan Pos Keamanan Lingkungan atau Poskamling, dimana Pos keamanan tersebut merupakan sentra bagi petugas jaga dalam mendinamisir kondisi keamanan lingkungan, bagaimana sikap dan kewaspadaan dalam bertindak saat di penjagaan Poskamling.

Lebih lanjut, AKP Suyadi menyebut, petugas poskamling harus melakukan ronda keliling kampung yang menjadi wilayah tanggung jawabnya, dengan menyusuri jalan yang sepi maupun perkampungan padat penduduk. Dalam ronda keling petugas poskamling harus memiliki insting yang cermat dimana jika dilihat dan ditemukan gelagat akan terjadi peristiwa kejahatan, maka harus bertindak dengan memberikan peringatan peringatan agar tidak berkembang menjadi gangguan Kamtibmas.

Selain itu, AKP Supardi menambahkan, petugas poskamling harus memiliki sikap dan bertindak dengan cepat jika melihat pelaku peristiwa pidana berada lingkungannya, agar segera secara dini melakukan upaya tangkap tangan dan mengamankannya, selanjutnya melaporkan kepada Bhabinkamtibmas maupun Polsek Karanganyar.

Yang tidak kalah pentingnya, AKP Supardi menyampaikan, bahwa petugas Poskamling harus mengetahui fungsi dan kegunaan peralatan di Poskamling, misalnya fungsi kentongan, tongkat, borgol, senter, P3K dan alat pemadam kebakaran, kita lakukan edukasi bagaimana tata cara penggunaannya, dan itu semua harus dipahami oleh warga masyarakat dilingkungan dusun Watutinatah.

“Inilah bagian penting bagaimana keamanan lingkungan itu terbentuk atas dasar kesadaran setiap warga dengan kesepakatan bersama membangun ketangguhan siskamling secara gotong royong, dan niscaya stabilitas keamanan di lingkungan masyarakat akan tetap terjaga, sehingga yang didapatkan adalah timbulnya ketenangan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat,” tandas AKP Supardi.

Mengakhiri penjelasannya, mantan Kasihumas Polres Ngawi ini berharap, semoga dalam kegiatan edukasi secara persuasif dan pembinaan siskamling kepada petugas jagas di Poskamling Dusun Watutinatah ini dapat terwujud situasi Kamtibmas yang kondusif.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini