- Advertisement -spot_img
BerandaNewsKapolsek Mantingan Ajak Pelajar MTs Negeri 10 Bijak Gunakan Medsos

Kapolsek Mantingan Ajak Pelajar MTs Negeri 10 Bijak Gunakan Medsos

- Advertisement -spot_img

NGAWI : News7

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Mantingan melakukan kunjungan ke MTs Negeri 10 Desa Kedungharjo Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi dalam rangka mengajak pelajarnya lebih bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos).

Ketika ditemui ditempat tugasnya Kapolsek Mantingan AKP Tulus Adhi Sanyoto S.H., M.H. mengatakan, bahwa seiring perkembangan teknologi informasi saat ini, penggunaan media sosial merupakan hal yang sangat umum dimiliki setiap manusia dan semakin beragam platform yang dikenal seperti YouTube, WahtsApp, Line, Instagram, Facebook, Twitter dan TikTok, Rabu (8/6).

“Semakin berkembangnya penggunaan media sosial, yang berawal sebagai media bersosialisasi mengalami banyak perubahan dan peningkatan hingga bisa menjangkau aktivitas seseorang dalam banyak hal, bahkan banyak terjadi kasus penyalahgunaan media sosial hingga perlu diproses sesuai hukum yang berlaku yakni UU RI No.19 tahun 2016 atas perubahan UU RI No.11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” ujar AKP Tulus.

AKP Tulus melanjutkan, oleh karena itu Polsek Mantingan perlu melakukan kunjungan ke sekolah sekolah dimana kaum milenial ini yang paling banyak menggunakan platform media sosial, mereka harus kita bimbing dan arahkan agar lebih bijak dalam penggunaan media sosial khususnya Facebook.

“Para pelajar harus kita ingatkan dalam menggunakan media sosial, sebab sudah banyak contoh kasus kasus yang diproses hukum gara gara menyalahgunakan media sosial seperti penyebaran hoax, penipuan, aktifitas sek komersial, tindak kriminal, penyebaran isu sara,” jelas AKP Tulus.

Lebih lanjut AKP Tulus merinci, tindakan penyebaran hoax atau berita yang mengandung kebohongan termasuk ke dalam perbuatan fitnah dan dapat mencemari nama baik seseorang, biasanya dilakukan atas dasar benci untuk menjatuhkan yang bersangkutan.

“Untuk itu, dalam menggunakan media sosial, harus pintar dalam memilih dan memilah informasi, jika ada yang menuai keburukan atau kebencian tanpa dasar, cari tahu dulu secara mendalam. Jangan langsung tersulut emosi dan ikut menyebarkan berita palsu tersebut.” pinta Tulus.

AKP Tulus melanjutkan penjelasannya, sedangkan tindakan penipuan di media sosial biasanya terjadi pada bidang perdagangan yang mengatasnamakan seseorang atau sebuah perusahaan. Motifnya sangat beragam, mulai dari penipuan undian berhadiah, bukti transfer palsu, hingga pengiriman barang yang tidak sesuai.

“Misal, kita memesan ponsel, namun yang dikirim hanya dus kosong atau diisi batu agar terasa berat, oleh karena itu, diperlukan ketelitian dan kehati-hatian saat akan berbelanja online. Pastikan membeli barang di toko terpercaya yang memiliki banyak ulasan positif, serta tidak mudah percaya dengan keuntungan yang menggiurkan,” terang Tulus memberikan contoh.

Kemudian AKP Tulus menjelaskan terkait tindakan aktivitas seks komersil melalui media sosial, biasanya dilakukan menggunakan panggilan video atau mengirim foto tanpa busana kepada para menggunakan jasa yang disertai tarif. Tidak heran jika beragam situs dianggap buruk, karena kebebasan pengguna-nya dalam memposting sesuatu.

“Kondisi seperti ini nyatanya dapat memicu anak di bawah umur untuk memamerkan tubuh demi mendapatkan uang,” tambah AKP Tulus.

Berikutnya, AKP Tulus menambahkan, tindakan kriminal dalam menyalahgunaan media sosial misalnya lewat facebook, itu modusnya pelaku mengajak berkenalan dengan korban kemudian dijadikan teman bahkan dengan bujuk rayuan sebagai pasangan. Jika waktunya telah tiba, ia melakukan perilaku keji tanpa memikirkan konsekuensi hukumnya.

“Tindakan kriminal ini, sudah sering ditemukan seperti kasus penculikan, penganiayaan, pemerkosaan, perampokan yang dilakukan oleh teman media sosial berawal dari hubungan yang sangat rutin kemudian korban diajak ketemuan di darat. Oleh karenanya, diperlukan kewaspadaan dalam memperluas relasi melalui kemajuan teknologi ini,” pesan AKP Tulus.

Diakhir penjelasannya AKP Tulus berharap, agar para pelajar yang notabene kaum milenial lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

“Gunakan media sosial untuk tujuan yang positif saja, misalnya untuk menunjang proses pendidikan di sekolah, berkomunikasilah dengan teman yang dapat dipercaya dan keluarganya,” pungkas Tulus.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini